Categories
Tips Trik

Ini Dia Cara Memilih Makanan Kucing Kesayangan

Ini Dia Cara Memilih Makanan Kucing Kesayangan. Merasa kesepian adalah hal yang wajar, paling tidak setiap orang pernah merasakan hal itu dan biasanya mereka ini memiliki cara yang berbeda untuk mengusir rasa tersebut. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan memelihara hewan di rumah. Berbagai jenis hewan biasanya dijadikan peliharaan, seperti ular, buaya, laba-laba, bahkan hingga harimau pun ada.

Eits tunggu dulu, hewan-hewan yang terbilang buas dan langka tersebut harus mendapatkan izin terlebih dahulu dengan pihak berwenang. Maka dari itu, sebagian besar orang lebih memilih hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, yang dirasa lebih mudah dipelihara dibanding hewan yang tadi disebutkan di atas. Kucing adalah hewan yang memilik banyak penggemar, bahkan ada banyak komunitas yang dibentuk oleh pencinta kucing di berbagai daerah.

Adanya komunitas ini membantu memberikan banyak informasi terkait kucing. Setiap anggotanya dapat berbagi informasi satu sama lain, mulai dari cara merawatnya hingga cara memilih makanan kucing yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Makanan adalah hal yang krusial bagi makhluk hidup, terlebih lagi tidak semua jenis makanan dapat dimakan kucing. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan makanan yang justru membuat kucing sakit.

Maka dari itu, informasi terkait cara memilih makanan ini sangat penting untuk dibahas. Tentu saja sebagai pemilik kucing tidak ingin hewan kesayangan mereka sakit dan ingin kebutuhan makanannya tercukupi dengan baik. Berikut ini akan disebutkan dan sedikit dijelaskan mengenai hal tersebut, antara lain:

Menggunakan Lebih Banyak Daging

Cara memilih makanan kucing yang pertama dan harus diperhatikan adalah isi kandungan atau bahan apa saja yang digunakan dalam makanan kucing yang dibeli. Mengingat bahwa kucing adalah salah satu hewan karnivora atau pemakan daging, membuat kucing membutuhkan protein lebih banyak. Protein ini didapatkan dari daging yang dikonsumsi, sehingga kucing memerlukan kandungan daging yang lebih banyak di dalam makanannya.

Membutuhkan protein lebih banyak, bukan berarti kandungan protein dalam kacang-kacangan akan baik untuk kucing. Kacang-kacangan justru harus dihindari dari makanan kucing. Tidak hanya jenis kacang-kacangan saja, tetapi bahan bukan daging pun perlu dihindari.

Menghindari Makanan yang Memicu Alergi

Seperti halnya makhluk hidup lain, kucing bisa juga terkena alergi. Maka dari itu, cara memilih makanan kucing yang satu ini terbilang penting. Biasanya bahan makanan yang dapat memicu alergi adalah beberapa bahan yang menjadi sumber karbohidrat, seperti kedelai, jagung, ataupun gandum. Oleh karenanya, sebagai pemilik kucing harus jeli terhadap kandungan di dalam makanan kucing.

Tidak Mengandung Bahan Pengawet Buatan

Pengawet dalam makanan yang makan manusia biasanya akan dibuat khusus agar aman dikonsumsi. Namun, ada baiknya pengawet ini dihindari dalam produk makanan. Begitu halnya pada kucing, makanan yang dikonsumsinya perlu terhindar dari bahan pengawet buatan seperti BHT, BHA, propyl gallate, dan ethoxyquin.

Mengandung Kadar Air yang Tinggi

Kucing pada dasarnya membutuhkan makanan yang di dalamnya terkandung kadar air yang tinggi. Maka dari itu, cara memilih makanan kucing ini perlu perhatian khusus, karena jika kekurangan air kinerja ginjal kucing akan berlebih. Apabila hal itu terjadi, akan ada buntut panjang yang diikuti penyakit lainnya. Sehingga saat kucing diberi makanan kering pastikan juga air minumnya cukup.

Nah, itu tadi sedikit informasi mengenai cara memilih makanan kucing yang tepat. Sebagai tambahan, kamu juga harus tahu cara menghilangkan kutu pada kucing agar kucing kamu tidak terkena penyakit. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi hewan peliharaan kesayangan adalah suatu keharusan agar tetap sehat. Semoga informasi ini dapat membantu dan menambah wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *