Tips Trik

Benarkah Pengguna Behel Perlu Sikat Gigi dan Pasta Gigi Khusus?

Kini proses pasang kawat gigi sudah selesai dan berhasil dengan sukses. Posisi gigi yang pada mulanya berantakan kini sudah tampak begitu rapi. Tetapi yang harus diingat adalah tahapan merapikan gigi dengan kawat gigi baru saja dimulai. Artinya masih ada langkah-langkah lanjutan yang harus Anda perhatikan dan lakukan.

Salah satu kelemahan merapikan gigi dengan menggunakan kawat gigi adalah butuh proses yang cukup panjang. Artinya hasilnya belum bisa dirasakan dalam jangka waktu sehari dua hari. Itulah kenapa kini mulai banyak yang beralih ke teknik merapikan gigi lainnya.

Misalnya saja teknik meratakan gigi yang ditawakan oleh rata.id. Salah satu teknik meratakan gigi tanpa harus memakai behel atau kawat gigi. Dan secara hasil juga tidak jauh berbeda dengan pada saat Anda memilih memasang behel.

Teknik Lain untuk Meratakan Gigi

Semakin majunya dunia kedokteran saat ini, membuat proses merapikan gigi menjadi semakin mudah dan cepat. Beberapa tahun ke belakang, teknik meratakan gigi yang paling populer adalah behel atau kawat gigi.

Tetapi kini sudah banyak dokter gigi atau ahli kesehatan yang menawarkan teknik lain. Meskipun tidak bisa dipungkiri juga jika pemasangan behel bukan hanya untuk tujuan kesehatan semata. Banyak yang memasang behel justru tujuan utamanya adalah untuk mengikuti tren saja.

Artinya fungsi kawat gigi kini sudah mulai bergeser. Dari awalnya yang bertujuan untuk kesehatan kini sudah beralih untuk tujuan penampilan. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika kini banyak kawat gigi yang dihargai hingga puluhan juta rupiah. Pastinya banyak sekali kelebihan-kelebihan dari kawat gigi tersebut.

Mulai dari proses pemasangannya, bahan material kawat gigi, model kawat gigi, hingga hasil yang bisa diberikan. Oleh sebab itu bukan sesuatu yang mengherankan jika banyak yang berpikiran jika memakai behel bisa dijadikan sebagai tolak ukur berada di kelas berapa status sosialnya.

Meskipun demikian, perlu diakui juga jika kini pasang kawat gigi sudah tidak sepopuler dulu. Terlebih lagi untuk yang tujuan utamanya kesehatan. Sebab kini sudah banyak pilihan lain yang secara harga justru cukup terjangkau. Namun secara hasil tidak ada bedanya. Bahkan ada juga beberapa teknik merapikan gigi yang secara hasil lebih bagus dibanding ketika memasang kawat gigi.

Sikat Gigi dan Pasta Gigi Khusus Pengguna Behel

Salah satu hal yang harus sangat diperhatikan oleh para pemakai kawat gigi adalah pada saat membersihkan sela-sela gigi. Oleh sebab itu, sikat gigi khusus sangat diperlukan supaya proses pembersihan gigi lebih maksimal.

Dikhawatirkan jika memilih menggunakan sikat biasa, gigi dan gusi kebersihannya kurang. Terlebih lagi pada sela-sela gigi yang terpasang behel. Berbeda jika menggunakan sikat gigi khusus, baik gigi maupun gusi menjadi lebih bersih.

Pada umumnya, sikat gigi untuk para pengguna behel ini memang dibuat secara khusus agar mudah membersihkan sela-sela gigi dan kawat. Pasalnya jika tidak dibersihkan dengan baik, dikhawatirkan muncul penumpukan plak di sekitar behel. Keadaan seperti ini lama-kelamaan jika tidak segera ditangani akan menyebabkan gigi berlubang.

Selain sikat gigi khusus pengguna behel, ada juga sikat kecil seperti yang sering digunakan pada saat membersihkan botol minuman. Fungsi dari sikat kecil ini adalah untuk menjangkau sela gigi yang terhalang oleh kawat gigi.

Selain sikat gigi, ada juga pasta gigi khusus untuk para pengguna behel. Untuk pasta giginya sangat dianjurkan yang mengandung bisabolol. Fungsi dari bisabolol ini untuk mencegah radang gusi yang sering muncul karena pemasangan behel.

Selain bisabolol, dianjurkan juga yang mengandung sodium hyaluronate. Sodium hyaluronate ini dikenal mampu memicu regenarasi sel dan mempercepat penyembuhan luka seperti halnya sariawan. Pasalnya permasalahan-permasalahan seperti ini sering dialami setelah pasang kawat gigi selesai dilakukan.

Comments Off on Benarkah Pengguna Behel Perlu Sikat Gigi dan Pasta Gigi Khusus?